^_^CHECK TIHS UNDER^_^

02 January 2011

Memperbaiki File Zip yang Rusak Hasil Download dari Indoupload.net

Hari ini, sudah beberapa kali mencoba membuka dua file zip hasil download dari Indoupload.net, file-file zip tersebut tidak dapat dibuka. Beberapa program pembuka file zip seperti 7-Zip, ALZip, Uniextract, dan IZArc sudah saya coba dan semuanya tidak dapat mengekstrak file yang didownload. Pesan yang muncul menyatakan masalah seputar header corrupted atau not valid archive.
Padahal, melihat besar file yang terdownload, sepertinya sempurna. Saya sudah mencoba dua koneksi internet berbeda, download baik dengan browser maupun download manager, hasilnya sama saja. Jika dipaksakan mengekstrak dengan ALZip atau IZArc memang memungkinkan, tapi ada beberapa file yang tidak dapat diekstrak.
Dulu pun sewaktu masih menyediakan link download PCMAV di Indoupload.net, saya pernah menemui masalah seperti ini, dan telah saya adukan, dan dikatakan pengelolanya, di server file bisa dibuka dengan baik. Memang, dalam beberapa kali percobaan download file yang sama yang saya lakukan dulu, ada pula hasil download yang berhasil dibuka dengan baik. Tetapi lebih sering tidaknya. Jadi sampai saat ini, saya belum tahu pasti penyebabnya.
Tadi saya sempat terpikir untuk mencari software yang mampu memperbaiki file-file zip yang dikategorikan rusak atau corrupt ini, terutama untuk keperluan memperbaiki dua file yang tadi saya download. Setelah googling, saya mendapati freeware untuk keperluan ini:DiskInternals ZIP Repair.

DiskInternals-Zip-Repair
Setelah menginstall dan mencobanya, ternyata proses yang dilakukan hanya perlu waktu sebentar. Memilih file yang dianggap corrupt dan file yang sudah diperbaiki yang defaultnya ada pada direktori yang sama. Dan yang lebih penting, file hasil perbaikan dapat dibuka dan diekstrak dengan baik.

No comments:

Post a Comment