^_^CHECK TIHS UNDER^_^

02 January 2011

Cara Lain Mengirim Attachment .exe Via Gmail

package00Sekitar dua bulan yang lalu, saya pernah menulis tentang bagaimana caranya agar kita dapat mengirim attachment yang mengandung file executable melalui Gmailtomatgondol, dalam komentarnya pada tulisan tersebut memberikan alternatif lain cara meloloskan attachment berupa file executable dengan menyisipkan dalam dokumen Microsoft Word.
Cara ini tidak saja dapat dilakukan pada dokumen Word, tetapi juga pada dokumen MS Office lainnya seperti Excel, Powerpoint dan Publisher. Buka aplikasi Office yang akan digunakan. Dari menu bar, pilih Insert — Object… Dari daftar pilih Package dan klik [OK].
package01
Pada jendela Object Packager yang muncul, pilih File — Import.. Telusuri direktori dimana file exe disimpan dan pilih [Open].
package02
Tutup jendela Object Packager. Jika ditanyakan untuk mengupdate dokumen, pilih [Yes]. Sekarang, dalam dokumen akan tampak ikon program yang kita masukkan. Tambah catatan jika memang diperlukan kemudian simpan dokumen. Maka dokumen ini siap dikirmkan sebagai attachment Gmail.
package03
Bagi penerima email, lakukan download dokumen dan buka dengan aplikasi Office yang sesuai. Untuk membuka program yang disisipkan pada dokumen Office, dapat dilakukan dengan mengklik ganda ikon programnya. Akan ada pertanyaan untuk meyakinkan apakah benar akan dibuka. Jika yakin program tidak bermasalah, maka jawab dengan [Yes].
Drag n Drop dan Copy-Paste
Pada langkah menyisipkan file program, cara tersebut dapat dipersingkat dengan caradrag n drop dari jendela Windows Explorer ke dokumen MS Office. Cara lainnya dengan meng-copy pada Explorer dan Paste pada dokumen Office. Begitu pula sebaliknya, untuk mengambil file program yang disisipkan, dapat dilakukan dengan drag n drop maupun copy-paste antara jendela MS Office dengan Explorer. Hanya saja kedua cara singkat ini tidak dapat saya lakukan pada Excel, sedangkan pada aplikasi Office lainnya berhasil.  ^^


No comments:

Post a Comment