^_^CHECK TIHS UNDER^_^

14 November 2010

Index Of Mp3 ?



Saat ini orang indonesia mencari mp3 di google menggunakan keyword seperti index of mp3. Dimana sebuah keyword yang dipercaya para pengguna pencari informasi akan menemukan mp3 yang dicari. Tapi apakah benar google memang menyediakan keyword ini untuk mencari hal2 semacam ini.
Sebenarnya selain index of, pengguna juga kebanyakan menggunakan keyword 4shared yang merujuk situs sharing mp3 populer itu
Memang sebenarnya google menyediakan berbagai keyword khusus untuk memfilter pencarian. Contohnya filetype untuk memfilter file document seperti pdf atau doc. Tapi apakah benar Index of adalah salah satu fitur itu. Yup benar kalau nggak salah emang itu adalah salah satu fitur. Tapi apakah benar untuk mencari mp3.
Saya rasa nggak, karena beberapa tahun yang lalu google pernah dituntut karena menyediakan fasilitas khusus untuk mencari mp3 terbaru. Tentu saja bukan perusahaan indonesia yang melakukannya, melainkan perusahaan musik asal Amerika. Dan bukan index of melainkan filetype:
Jadi google secara khusus sudah tidak lagi menyediakan fasilitas pencarian mp3. Jadi jika ingin mencari mp3 gratis, anda sebenarnya tidak perlu menggunakan google index of. Bahkan saat ini pencarian dengan menggunakan 4shared keyword semakin marak. Ini mengingat situs 4shared menjadi situs populer untuk sharing mp3.
Dan Indonesia menjadi salah satu pengguna terbesar dalam situs ini, bisa dilihat di bagian bahasa, ada fitur untuk mengganti ke bahasa Indonesia. Padahal sangat jarang situs luar negeri secar khusus membuat situsnya berbahasa Indonesia. Jadi bisa dibayangkan berapa banyak mp3 ilegal yang dishare disana.
Hal ini tentu sangat memperhatinkan bagi kelangsungan bisnis musik, yang sebenarnya mereka mendapatkan uang dari karya mereka. Tapi malah dicuri oleh pengguna situs sharing 4shared, walaupun TOS mereka melarang penggunaan MP3 ilegal di hosting mereka. Namun sepertinya karena terlalu banyak yg upload jadi susah untuk membanned satu persatu. Sepertinya kehadiran internet membuat bisnis musik menjadi semakin terancam, bayangkan saja sekarang orang bisa download mp3 terbaru hanya dengan sekedar menulis index of.
Mungkin satu-satunya solusi untuk menghentikan pembajakan yang semakin menggila adalah dengan memberi royalti semacam affiliate jika ada orang yang mampu mereferensikan orang membeli mp3 indonesia. Dengan begitu saya yakin banyak situs mp3 ilegal akan menjadi affiliate, dan mungkin keyword semacam index of dan www.4shared.com akan menghilang. Mungkinkah…..?

No comments:

Post a Comment